Pengertian Manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan oleh orang-orang dan sumber daya lainnya yang ada dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan dengan cara bekerja sama.
Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat juga dilihat dari pengertian menurut :
1. Encylopedia of The Social Science
Suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2. Georgy R. Terry
Cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Fungsi Manajemen
Pada hakekatnya fungsi-fungsi manajemen menurut beberapa penulis dapat dikombinasikan menjadi 10 fungsi, yaitu :
1. Forecasting (Ramalan)
Kegiatan yang meramalkan suatu kemungkinan yang terjadi apabila sesuatu dikerjakan.
2. Planning (Perencanaan)
Menentukan beberapa tindakan dan kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
3. Organizing (Organisasi)
Menetapkan susunan organisasi, tugas, dan fungsinya.
4. Staffing atau Assembling Resources (Penyusunan Personalia)
Penyusunan personalia dari mulai penarikan tenaga kerja baru, latihan dan pengembangan.
5. Directing atau Commanding (Pengarahan atau Mengkomando)
Memberi bimbingan berupa saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan.
6. Leading
Permintaan Manajer kepada orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
7. Coordinating (Koordinasi)
Menyelaraskan tugas/pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan saling lempar tanggung jawab.
8. Motivating (Motivasi)
Pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan.
9. Controlling (Pengawasan)
Penerapan cara untuk menjamin bahwa rencana telh dilaksanakan sesuai tujuan.
10.Reporting (Pelaporan)
Penyampaian hasil kegiatan baik secara tertulis maupun lisan.
Sarana Manajemen
Ciri-ciri Manager Profesional
Sarana (tools) sangatlah dibutuhkan dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets.
1. Men, berarti sumber daya manusia yang ada atau dimiliki dalam suatu organisasi/perusahaan. Manajemen muncul karna adanya orang-orang yang bekerja sama mencapai tujuan.
2. Money, berarti uang atau salah satu unsur yang tidak boleh diabaikan karna uang sangatlah berperan penting dalam semua kegiatan masyarakat, salah satunya adalah organisasi/perusahaan. Hal ini berhubungan dengan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membiayai segala kegiatan perusahaan.
3. Materials, berarti barang mentah, barang setengah jadi, maupun barang jadi.
4. Machines, berarti mesin yang dapat mempermudah kegiatan dalam suatu perusahaan dan lebih mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Mesin juga dapat menciptakan efisiensi kerja.
5. Method, berarti suatu tata cara yang ditetapkan dalam melaksanakan suatu kegiatan kerja.
6. Markets, berarti pasar atau tempat menyebarluaskan atau memasarkan hasil produk yang dihasilkan suatu perusahaan.
Ciri-ciri Manager Profesional
Berikut beberapa ciri-ciri Manager Profesional.
1. Selalu bekerja keras
2. Bertanggungjawab
3. Menghargai dan memahami anak buah
4. Dapat berkomunikasi secara terbuka
5. Bertindak tenang dan tidak emosional dalam menyelesaikan suatu masalah
6. Dapat memotivasi anak buah
Sumber :
http://ielmy.wordpress.com/other/definisi-manajemen/
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://rozikinblog.blogspot.com/2012/10/ciri-ciri-manager-profesional.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://rozikinblog.blogspot.com/2012/10/ciri-ciri-manager-profesional.html