ORGANISASI

Jumat, 22 November 2013
Pengertian Organisasi


Organisasi adalah beberapa orang yang tersusun atau bekerja sama dalam suatu wadah yang memiliki tujuan bersama.

Menurut beberapa ahli, organisasi dapat diartikan sebagai berikut.

1. Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

2. James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Chester I. Bernard, organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih

4. Stephen P. Robbins, organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Bentuk-bentuk Organisasi

1. Organisasi Politik, yaitu organisasi atau kelompok yang bergerak dalam bidang politik dan ilmu kenegaraan yang secara aktif berperan dalam menentukan nasib bangsa.

2. Organisasi Sosial, yaitu organisasi atau kelompok yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.

3. Organisasi Mahasiswa, yaitu organisasi atau kelompok yang beranggotakan mahasiswa yang berjalan sesuai dengan ART yang disetujui oleh anggota dan pengurus organisasi tersebut.

Prinsip-prinsip Organisasi

1. Prinsip Perumusan Tujuan
Suatu organisasi hendaknya memiliki tujuan yang jelas agar setiap anggota memahami apa saja yang harus dilaksanakan dan yang tidak boleh dilaksanakan.

2. Prinsip Pembagian Kerja
Dalam menjalankan suatu kegiatan organisasi hendaknya ada pembagian kerja, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya pekerjaan yang tertumpuk dan tidak membuang banyak waktu.

3. Prinsip Pendelegasian Kekuasaan atau Wewenang
Setiap unit atau anggota dalam organisasi hendaknya mengerjakan tugasnya masing-masing sesuai dengan wewenang yang diberikan agar dapat dipertanggung jawabkan.

4. Prinsip Tingkat Pengawasan
Setiap kegiatan organisasi haruslah diawasi agar tidak keluar dari tata cara yang telah ditetapkan.

5. Prinsip Rentang Manajemen
Seorang pemimpin dalam suatu organisasi haruslah memberikan contoh yang baik kepada bawahannya agar semua kegiatan perusahaan dapat berjalan secara efektif, efisien, dan maksimal.

6. Prinsip Kesatuan Perintah
Dalam kegiatan organisasi pasti setiap bawahan akan menerima perintah dari atasan yang kemudian atasan akan menerima laporan pertanggung jawaban atas pekerjaan yang dikerjakan oleh bawahannya tersebut.

7. Prinsip Koordinasi
Suatu usaha untuk mengarahkan semua anggota organisasi agar tertuju kepada tujuan organisasi secara keseluruhan.




Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_politik
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial 
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_mahasiswa 
http://artikelampuh.blogspot.com/2013/08/prinsip-prinsip-organisasi.html
Copyright © Febriluthfiana Iswari