MANAJEMEN PRODUKSI

Kamis, 26 Desember 2013

Manajemen produksi merupakan suatu usaha untuk mengatur dan mengkoordinasi berbagai sumber daya yang ada, seperti manusia, alat, dana, dan bahan secara efektif dan efisien, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai guna atau menciptakan suatu barang atau jasa.

Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan nilai guna suatu barang atau jasa ataupun menciptakan suatu produk baru yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan.

Ada beberapa kegiatan yang berlangsung dalam manajemen produksi, antara lain :
  1. Perencanaan dalam produksi
  2. Organisasi produksi dan personalia produksi
  3. Pengarahan dan koordinasi
  4. Pengawasan terhadap produksi
Selain kegiatan, ada pula ruang lingkup manajemen produksi, yaitu :
  1. Perencanaan sistem produksi yang meliputi lokasi pabrik, letak fasilitas produksi, standar produksi, dan hasil produksi.
  2. Pengendalian produksi, tujuannya untuk mendapatkan hasil produksi yang sesuai dengan rencana, baik jumlah, harga, maupun waktunya. Kegiatan ini meliputi, pengendalian bahan, pengendalian proses produksi, pengendalian tenaga kerja, dan pengendalian kualitas.
  3. Sistem informasi produksi, yaitu kegiatan lain yang menunjang tercapainya tujuan, seperti struktur organisasi produksi berdasarkan pesanan dan kebutuhan pasar.
Dalam analisis pasar, ada komponen yang harus diperhatikan, antara lain :
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen
  2. Segmentasi pasar
  3. Target pasar yang akan diraih
  4. Nilai tambah produk dan jasa
  5. Masa hidup produk tahan lama atau tidak
  6. Struktur pasar (kategori produk)
  7. Persaingan dan strategi pesaing
  8. Ukuran pasar (volume penjualan)
  9. Pertumbuhan pasar
  10. Laba kotor
  11. Pangsa pasar


Sumber :
Copyright © Febriluthfiana Iswari